-->

Kriteria Dasar Trading

Kriteria Dasar Trading
Banyak sekali disiplin ilmu dalam dunia trading baik itu ilmu strategi, analisa, money management dan sebagainya. Dari semua disiplin ilmu tersebut saya coba merangkumnya menjadi tiga dasar yang penting untuk dipelajari antara lain :

1. Entry level
Ini adalah ilmu yang terfokus kepada dimana kita harus melakukan entry market. Para trader banyak sekali yang mendalami ilmu ini bahkan hampir bisa dikatakan rata-ratta semua trader selalu mencari tah kapan dan dimana waktu yang tepat untuk melakukan entry market. Dan untuk melakukan ini biasanya para trader dibantu oleh analisa teknikal atau fundamental.

Untuk mempelajari ilmu yang satu ini saja biasanya dibutuhkan waktu bertahun-tahun sampai masuk tingkatan expert. Apalagi kalua kita tidak mampu untuk segera beradaptasi dengan pergerakan market, mungkin akan dibutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Bahkan seringkali dengan bongkar pasangnya indikator pada chart untuk mendapatkan formula yang tepat dalam melakukan entry malah membuat masalah yang satu ini menjadi tidak terpecahkan. Justru malah tambah rumit dan sulit, yang terkadang membuat seorang trader frustasi karena tidak bisa menemukan indikator yang akurat dalam menentukan arah pergerakan harga. Seiring dengan lamanya pengalaman dan tingginya jam terbang dalam melakukan trading, maka penggunaan indikator menjadi dikurangi atau bahkan sudah tidak dibutuhkan lagi. Hal ini biasanya terjadi karena trader senior melihat pergerakan market itu dengan analisa jangka panjang  dan mengelolanya dalam perdagangan jangka pendek.

2. Proteksi Level
Ini adalah ilmu mengelola modal atau lebih sering dikenal oleh para trader dengan money management. Para trader senior akan selalu bijak dan rasional dalam melakukan setiap transaksi perdagangannya. Hal ini dilakukan demi menjaga modal yang dikelolanya dari kerugian besar dan juga menjaga kestabilan emosi atau psikologinya dalam melakukan trading. Dia akan selalu menjaga marginnya agar selalu terus berkembang dan tidak pernah main-main dalam melakukan hal ini.

3. Target Level
Ini adalah ilmu mengenai goal atau pencapaian yang sudah ditargetkan dalam melakukan trading. Target menjadi penting karena ini adalah tolak ukur atau tujuan yang harus kita raih dalam setiap trading yang kita lakukan. Trader pullah yang akan membuat kita terus menerus terjebak dalam trading karena tidak punya target yang jelas.

Apalah jadinya kalau anda bepergian tanpa adanya satu tujuan yang jelas, pasti akan terombang-ambing di jalan, bingung harus kemana dan harus melakukan apa. Jadi petakanlah semua rencananya dari awal. Buatlah aturan yang kita sanggup untuk melakukannya. Buatlah target yang jelas dan terukur, barulah kita melakukan trading. Dengan demikian, trading kita pasti akan sangat menyenangkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel