-->

Catatan Khusus Bagi Para Pemula

Banyak email dan YM yang sering masuk kepada saya menanyakan ini kenapa?ini bagaimana?Minta diajari ini,minta dikirim ini-itu dan yang lainnya.Saya maklum juga ,tapi tekadang bikin repot.Pengalaman saat saya masih pemula dalam trading dulu,saya lebih banyak belajar secara otodidak daripada terlalu banyak bertanya kepada orang lain.Saya mengerti ,jika bertanya kepada mereka yang sudah lama trading,tentunya mereka juga punya kesibukan.

Kalaupun saya harus belajar kepada mereka,setidaknya saya harus balas budi atau yang lebih jelas,harus memberikan bayaran atas jasa mereka.Saya tahu diri juga.namun karena pertimbangan alokasi prioritas keuangan,untuk itulah saya memilih cara otodidak.Daripada saya harus membayar sekian juta.

Dan akhirnya saya rasakan sendiri.Saya bisa trading tanpa harus keluar jutaan rupiah.Namun resikonya,tentu saja,modal trading habis.Tapi mungkin saya anggap sebagai biaya belajar kepada pasar saja..hehe.Saya pikir dari pada belajar dengan biaya jutaan dengan waktu hanya 1 atau 2 hari tapi kurang memuaskan,lebih baik kita belajar sendiri.Toh,trading semacam ini bisa dipelajari.

Catatan Khusus Bagi Para Pemula
Bersyukurnya saya tidak seperti mereka yang serampangan.yang mengaku masih pemula,tapi karena tergiur oleh hasil yang besar,lalu memasukkan dana dengan modal puluhan bahkan ratusan juta yang berakhir dengan loss dan margin call (MC).

Berapa total kerugian saya di forex? Kalau dihitung-hitung ,sekitar kurang dari 5 jutaan saya loss atau MC di pasar.Itupun sudah dengan total kerugian akibat mengikuti bisnis-bisnis online berkedok forex.Saya tidak menempatkan dana langsung dalam jumlah yang besar.Saya memulai dengan modal $5,loss,lalu depo $10 dan seterusnya.yang jelas saya mungkin tidak seperti yang lain yang langsung menepatkan dana puluhan dan ratusan juta.

Di bawah ini sekedar catatan untuk para pemula.Khususnya kepada yang suka YM atau yang suka ber-email ria,atau yang berniat akan YM dan Email,silakan mencata poin-poin berikut ini:

1.Pasar akan memberi kamu uang kalau kamu disiplin

2.Jangan mengubah-ubah sistem setiap hari
!Banyak sistem di luar sana,pilih satu yang paling sesuai dengan karakter Anda.Tapi ingat,tidak ada sistem yang profit terus!!! Kalau Anda sudah punya winning sistem dan hari ini sistem Anda sedang loss,jangan diutak-atik lagi,yakinlah kalau hari ini loss,besok pasti profit 3 kali lipat.

3.Pasar itu bergerk semau-maunya,dia tidak peduli dengan Anda,tidak peduli dengan orang lain.Tidak peduli Anda orang kaya atau orang miskin.Tidak peduli And orang jahat atau orang baik-baik.Jangan beranalisa terlalu dalam,jangan berfikir terlalu dalam.Pasar bukan milik nenek moyang kita.

4.Ikuti saja sistem Anda,jangan action diluar sistem
!Forex adalah dunia tanpa aturan,tidak ada pemerintahan,tidak ada polisi ,hakim,tidak ada keadilan,kalau Anda di rampok,dijahili,dihina,difitnah,bahkan dibunuh dan mati karena forex,tidak akan ada yang menolong Anda.Intinya,semuanya semau-maunya sendiri.Maka buatlah aturan sendiri dan taati aturan tersebut pasti Anda selamat!

5.Berdoa.Ini perlu.Bagi mereka yang ber-Tuhan tentu yakin bahwa Dia-lah pemberi rezeki.Jangan lupakan Tuhan.Berdoa dan berdoalah sebelum masuk pasar.
Artikel ini adalah catatan singkat saja,semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel